Dapat Order Gede-gedean, Datang saja ke Makro

Posted on April 17, 2007. Filed under: Uncategorized |

Makro menawarkan berbagai kemudahan buat pengusaha makanan yang terima order besar
Marga Raharja

posted by kontan on 04/16/07

JAKARTA. Kabar baik bagi para pengusaha katering, restoran, pengelola kantin, juga hotel. Perusahaan grosir Maktro menawarkan berbagai kemudahan buat mereka yang biasa mendapat order dalam jumlah besar melebihi kapasitasnya.

Sebagai contoh, perusahaan katering itu mendapat order untuk pesta nikah. Katakan untuk siang hari harus menyiapkan makanan untuk 3.000 orang, dan malamnya 6.000 orang. Kebetulan menu yang diorder adalah seafood. Nah, pasti dia kewalahan untuk menyiapkannya.

Contoh lain, ada order untuk menyediakan makan siang bagi rapat besar suatu kantor. Selain makan siang, katering itu juga harus menyiapkan snack berupa aneka kue atau croissant yang ternyata tidak bisa dia buat. “Mau tidak mau, Anda tentu harus mensubkontrakkan ke orang lain,” kata Engeline Wijaya, Manajer Marketing Senior PT Makro Indonesia.

Nah, buat yang menghadapi kesulitan seperti itu, Makro menawarkan solusi. Perusahaan grosir yang bercokol di Indonesia sejak 1991 ini menyediakan?sejumlah paket makanan beku, sehingga si pengusaha tinggal memesan dan mengolahnya. “Seperti ikan-ikan, itu sudah dalam kondisi bersih. Sudah tidak ada tulang, tidak ada sisik, tinggal daging, tok,” kata Engeline.

Dengan demikian, pengusaha katering tidak harus menyiapkannya berhari-hari untuk order sebesar itu. Bisa jadi, dia hanya perlu waktu tiga jam bahan katering itu sudah siap.

Selain paket seafood, Makro juga menawarkan beberapa paket lain. Di antaranya sayuran beku, buah beku, dan adonan roti beku (frozen dough). Adonan roti beku ini bukan hanya mempercepat proses, tapi memang siap jadi. Dus, mereka yang selama ini tidak bisa membuat croissant atau danish pun jadi tidak perlu pusing mensubkontrakkan kepada orang lain.

Perkara harga, Makro berjanji memberikan harga grosir. Engeline mencontohkan, untuk buah beku, khususnya untuk membuat jus, Makro mematok harga supermurah. Misalnya, harga stroberi beku hanya Rp 23.000 per kg. “Di supermarket, harga stroberi per 100 gram Rp 13.000,” ucap Engeline.

Maka, kalau dihitung-hitung, dengan buah beku makro ini, pengusaha katering bisa hanya mengeluarkan biaya Rp 1.000 untuk setiap gelasnya. “Dengan semua paket ini, tujuan kami adalah untuk memberi mereka keuntungan yang lebih besar,” tambahnya.

Makro ingin kembali sebagai “pejudo”

Paket-paket itu hanyalah satu bagian dari peluang yang bisa dimanfaatkan oleh para pengusaha katering ini. Soalnya, Makro juga menawarkan sejumlah hal lain buat mereka yang ingin membuka toko atau mereka yang sudah berjualan namun ingin meningkatkan pendapatannya.

Tawaran-tawaran itu, misalnya, konsultasi dalam berbelanja barang-barang agar tidak rugi. Yang menjadi konsultannya adalah cuctomer development executive Makro. Selain itu, Makro juga akan memonitor pelanggan-pelanggan tertentu, misalnya omzet penjualannya turun, dan mungkin Makro bisa membantu.

Makro melakukan langkahlangkah ini karena, menurut Engeline, sekarang Makro sedang mereposisikan kembali dirinya sebagai perusahaan grosir, dan bukan hipermarket.

Engeline mengibaratkan, Makro dan hipermarket ini ibaratnya pejudo dan petinju. Ketika Makro datang ke Indonesia, ia datang sebagai pejudo. Namun, ketika sudah di sini, kemudian dia bertindak menjadi petinju karena melihat di Indonesia yang penontonnya banyak bukan olahraga judo, tapi tinju.

Nah, karena pada dasarnya Makro bukan petinju, akhirnya tetap tidak bisa menjadi petinju beneran. “Maka, setelah petinju yang beneran datang, jadilah kami menjadi petinju banci,” kata Engeline berkelakar. “Setelah saya lihat, ya goblok. Ini pejudo, mestinya tetap pejudo,” kata Engeline, yang sebelumnya bekerja di Carrefour in

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: