Jenis-jenis Investasi

Posted on April 12, 2007. Filed under: Uncategorized |

Jenis-jenis Investasi

Saham (stock)
Saham adalah bagian kepemilikan dari suatu perusahaan. Tujuan pembelian bagian dari kepemilikan ini adalah agar memperoleh keuntungan akibat naiknya nilai perusahaan yang dikelola oleh manajemen yang baik. Keuntungan ini dibagi dalam bentuk yang dinamakan dividen.
Saham sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu saham biasa (common stock) dan saham preferen (preferred stock).Bedanya pemilik saham preferen didahulukan hak-haknya di dahulukan misalnya pembagian dividennya serta pembagian kekayaannya.Tetapi pemegang saham preferen ini tidak memiliki suara dalam RUPS.
Bursa saham
Saham yang telah dibuka untuk umum diperjual belikan di Bursa saham (stock exchange). Keputusan perusahaan untuk menjual sahamnya ke publik di istilahkan sebagai go-public.Perusahaannya biasanya namanya ditambah Tbk (terbuka). Penawaran Perdana Saham disebut IPO (Initial Public Offering)

Obligasi (bonds)
Obligasi adalah surat perjanjian hutang yang dikeluarkan perusahaan untuk medapatkan sumber dana dan tambahan modal. Penerbit obligasi memiliki kewajiban untuk mengembalikan pokok pinjamannya serta membayar bunganya. Obligasi ini ditetapkan untuk jangka waktu yang pasti serta dapat diperjualbelikan.
Cara kerja obligasi adalah sbb :
Nilai awal pinjaman disebut principal atau nilai muka (face value) akan dibayar kembali saat telah mencapai tanggal jatuh tempo (maturity date). Tiap tahun selama masa berlaku dibayarkan bunga yang disebut coupon.
Jenis-jenis obligasi diantaranya : zero coupon bond, floating rate bond, callable bonds, putable bonds ,convertable bonds,investment rate bonds, dan junk bonds.
Contoh obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah yang sedang dipromosikan secara gencar ini adalah ORI (Obligasi Retail Indonesia)

Derivatif
Derivatif adalah instrumen keuangan yang didasarkan atas asset financial yang mendasarinya (underlying asset).Asset yang mendasarinya tentu saja memiliki nilai tertentu. Derivatifnya yang diperdagangkan di bursa.
Contohnya : futures, options, derivatif khusus.
Cara kerjanya : Contohnya futures adalah derivative yang diperdagangkan di pasar futures yang mana perdagangannya didasarkan atas komoditi yang memiliki nilai tertentu.
Keunggulan dari derivatif ini yakni dapat dilakukannya hedging.Yaitu suatu cara untuk melindungi investor untuk tidak terlalu merugi bila asset yang diperdagangkan mengalami penurunan nilai.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: