Investasi di reksadana terus tumbuh

Posted on April 12, 2007. Filed under: Uncategorized |

Akhir Tahun Rp 80 T

Adler Haymans Manurung,
(Pengamat dan praktisi reksadana)

posted by kontan on 04/12/07

Ada beberapa faktor yang membuat dana investasi di reksadana terus tumbuh. Yang utama adalah tren suku bunga yang terus turun. Ini membuat investor mencari alternatif investasi yang memberikan keuntungan tinggi. Reksadana menjadi pilihan karena selain keuntungannya lumayan tinggi, instrumen lain masih terbatas. Investor, misalnya, masih berhati-hati untuk masuk di properti. Selain itu, reksadana juga gampang dibeli maupun dijual. Dengan kata lain, ia gampang diuangkan.

Kinerja bursa saham dan obligasi memang juga sedang meningkat. Tapi, menurut saya ini bukan saingan reksadana. Mereka tumbuh bersama-sama. Soalnya selama ini yang berinvestasi di saham dan obligasi lebih banyak investor asing. Sementara investor lokal lebih banyak masuk di reksadana saham dan obligasi.

Saya memperkirakan akhir tahun nanti, nilai aktiva bersih reksadana (NAB) bisa mencapai sekitar Rp 80 triliun. Pertumbuhannya mungkin memang tidak terlalu kencang. Tapi, ini justru bagus. Dengan kata lain, langkah Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) yang agak mengerem laju pertumbuhan reksadana sudah tepat.

Pasalnya, instrumen investasi yang tersedia di pasar modal kita juga terbatas. Jika laju reksadana tidak direm, permintaan instrumen investasi dan pasokannya tidak seimbang. Akibatnya harga-harga yang terbentuk adalah harga yang bubble. Artinya, harga itu tidak mencerminkan kondisi fundamental.

–>

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: